Website Indosinema bagian 1 – Halaman Utama

Tulisan ini diambil dari tugas akhir mata kuliah IMK (Interaksi Manusia dan Komputer). Untuk website nya bisa dikunjungi di alamat : http://www.indosinema.com/
Untuk pembahasan lebih lanjut Anda dapat mendownloadnya pada link berikut :
Download pdf

Homepage suatu situs adalah halaman terpenting. Homepage memberi pengunjung kesan pertama. Kesan itulah yang penting yang dapat menjadi kesan yang baik atau kesan yang buruk. Kesan buruk dapat menimbulkan keingintahuan yan lebih dan kesan buruk dapat menyebabkan penolakkan. Sebuah penelitian dilakukan dengan menanyakan kepada orang untuk menemukan situs yang baik dan sebagian dari waktu mereka dihabiskan dengan melihat homepage (Koyani et al., 2004).

Homepage berguna untuk memberitahu penunjung tentang apa situs tersebut dan memberi tahu pengunjung sedang berada dimana. Homepage harus meyakinkan pengunjung untuk tetap tinggal dengan memberitahu apa yang akan mereka temukan dalam situs tersebut. Homepage juga disebut titik awal di mana user dapat kembali apabila kebingungan atau alasan lainnya.

Pertama kali melihat situs ini pengunjung mungkin beranggapan bahwa situs ini adalah situs yang berisi informasi tentang berita- berita seputar dunia perfilman di Indonesia. Kesimpulan itu diambil dari heading yang jelas berada di tengah halaman. Banner atas yang terpampang yang berisikan nama situs serta tagline yang berbunyi “Indonesian Leading Movie Media” dirasa tidak cukup menjelaskan keseluruhan situs. Bahkan pengunjung sepertinya harus memicingkan mata untuk membaca tagline tersebut. Ada pendaftaran model pada banner utama kemungkinan pengunjung memikirkan kembali tentang apa situs indosinema itu.

Hal kedua adalah banner tengah yang dirasa mengganggu banner utama. Hal ini akan mengganggu pengunjung tentang pemahaman situs Indosinema. Banner iklan itu besarnya melampaui banner utama yang seharusnya menjadi ciri suatu situs. Banner itu berisi animation festival yang diadakan tanggal 14-20 Januari 2008 atau kira-kira 6 bulan yang lalu . Sepertinya admin terlalu sibuk untuk menggantinya. Ini jelas sangat tidak menguntungkan pengelola situs. Pengunjung akan segera pergi jika tahu situs tidak menyediakan berita terbaru padahal mungkin itulah yang paling dicari dari situs ini. Banner ini akan selalu ada di sepanjang situs ini seperti sudah merupakan banner utama. Content penting menjadi tertutup karena pengunjung harus men-scroll halaman ke bawah jika ingin melihat content yang lain.

Layout situs terkesan berantakan. Gambar ada di banyak tempat yang ternyata tidak me-link kemanapun, hanya sebagai pajangan. Slide show yang berada di kiri halaman sebenarnya tidak banyak berguna. Urutan kepentingan kurang diperhatikan. Pengunjung melihat biasanya dari sebelah kiri lalu ke kanan dan ke bawah. Tetapi situs Indosinema menaruh slide show di sebelah kiri yang seharusnya untuk hal-hal yang lebih penting. Interview juga diletakkan di bawah gambar-gambar yang hanya sebagai penghias. Sebaiknya juga diletakkan pemisah antara satu content dengan content lainnya agar pengunjung tidak bingung akan apa yang akan dicari.

Saat pertama kali berkunjung, pengunjung akan dikagetkan saat tiba-tiba muncul suara. Ternyata terdapat video streaming yang default suaranya dinyalakan, dan yang membuat lebih kaget lagi ternyata video itu adalah trailer dari film Pocong 3. Hal ini selalu di-load ketika halaman utama muncul dan videonya selalu sama. Jangan pernah membuat pengunjung terkejut. Ada beberapa pengunjung mungkin berada pada tempat di mana suara tidak boleh dinyalakan. Pengelola situs kurang memperhatikan hal ini. Beberapa pengunjung mungkin akan segera menutup windowsnya setelah terkejut. Kejadian ini tentu tidak menguntungkan Indosinema.


Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a comment

  • June 2008
    M T W T F S S
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    30  
  • Yahoo Messenger

    Kirim Pesan YM